Selamat Datang Mas bro dan mbak bro sekalian

Rabu, 16 Januari 2013

TEMPAT-TEMPAT WISATA DI KOTA MALANG JAWA TIMUR

Ada apa aja sih di kota Malang dan sekitarnya?? pastinya banyak sekali tempat - tempat menarik untuk di kunjungi.. posting kali ini ane mau berbagi informasi Wisata di kota Malang Dan Sekitarnya. kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur ini menyediakan berbagai macam ekowisata yang sangat indah, mulai dari gunung, pantai, air terjun, danau, dll.. nah, semoga artikel kali ini bisa jadi referensi menarik untuk teman-teman yang mempunyai rencana berwisata di kota Malang.
Beberapa tempat yang menarik untuk di kunjungi adalah:

  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru [TN BTS]
    • Secara geografis TN BTS masuk dalam wilayah 4 kabupaten yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. bagi teman-teman yang berwisata ke kota Malang, mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hukum nya wajib.. hehe. mengingat Taman Nasional ini merupakan salah satu dari 10 Tempat Terindah di Indonesia. beberapa tempat menarik dalam kawasan TN BTS adalah
      • Gunung Semeru [3.676 mdpl] - Merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, mencapai puncak Semeru adalah merupakan keistimewaan tersendiri bagi para penggiat alam bebas.. disini kita juga akan menyaksikan berbagai macam keindahan alam seperti Ranu Kumbolo [Danau di ketinggian 2.400 mdpl], Oro-oro ombo [Padang Savana], Kalimati [Lembah yang di penuhi bunga edelweiss], dll.
      • Bromo - Merupakan tempat yang sangat populer di mata para wisatawan baik asing maupun domestik, gunung dengan ketinggian 2.392 mdpl ini dikelilingi oleh lautan pasir atau segoro wedi dalam bahasa jawa.. yang paling terkenal dari Bromo adalah Sunrise nya yang begitu indah -yang bisa kita saksikan dengan sempurna dari Bukit Pananjakan. oh ya, selain diadakan upacara adat yang di sebut upacara kasodo [kasodoan] setiap purnama dalam bulan kasodo [bulan penanggalan jawa].
      • Coban Pelangi - Letaknya beberapa kilometer dari Bromo, merupakan sebuah air terjun yang sangat istimewa, kenapa istimewa? karena pada siang hari jika cuaca sedang cerah kita bisa menyaksikan pelangi muncul di sisi air terjun. sangat indah..
      • Wisata lain dalam kawasan TN BTS adalah Ranu Pani, Ranu Regulo, Coban Trisula, dll
  • Pulau Sempu
    • Pulau Sempu terletak di ujung selatan Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Malang. Pulau ini merupakan sebuah kawasan konservasi alam yang tak jauh dari Pantai Sendang Biru. di pulau kecil ini ada sebuah danau air asin yang disebut Segara Anakan dan beberapa pantai dengan pemandangan yang sangat indah.. untuk menuju Segara Anakan, dari tepi pulau sempu kita masih harus berjalan kaki melewati hutan dengan jarak waktu sekitar 2 sampai 3 jam. dan jarak waktu tersebut bisa berubah menjadi 4 sampai 5 jam saat musim hujan karena jalan yang kita lalui akan berubah menjadi jalan berlumpur yang sangat licin. namun semua itu akan terbayar ketika kita menyaksikan sendiri keindahan Segara Anakan. begitu indahnya sampai banyak yang menjuluki danau ini sebagai The Hidden Paradise in Malang.
    • Wisata lain di sekitar Pulau Sempu adalah Pantai Sendang Biru, Pantai Tamban, Pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati, dll
  • Kota Wisata Batu
    • Berwisata ke Malang tidak lengkap kalau tidak mampir ke Kota Batu.. beberapa tempat wisata di kota ini adalah
      • Bukit Paralayang
      • Panderman
      • Payung
      • Songgoriti
      • Jatim Park
      • Selecta
      • Cangar
      • dll
  • Festival Malang Kembali [Malang Tempoe Doeloe] - Khusus bulan Mei
    • Merupakan festival tahunan yang diadakan setiap minggu ke tiga di bulan Mei selama 4 hari berturut-turut.. yaitu pada hari Kamis, Jum'at, Sabtu, dan Minggu. dalam festival ini, sepanjang jalan Ijen Malang akan di sulap menjadi sebuah kota dengan nuansa tempo doloe yang sangat kental. banyak acara-acara seni budaya seperti pagelaran wayang, tarian rakyat, atau atraksi-atraksi menarik yang di gelar disini, pengunjung yang datang pun biasanya menggunakan berbagai macam kostum unik dan nyentrik ala tempo doloe.. muda mudi dengan pakaian kolonial belanda atau berkain kebaya sangat mudah di temui ketika festival ini berlangsung.. kuliner yang disediakan pun merupakan berbagai macam jajanan-jajanan khas tempoe doloe.. bisa hadir dan menyaksikan Festival Malang Kembali tentunya merupakan sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan luar kota Malang.

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat menarik untuk di kunjungi, malah saking banyaknya sampe bikin ane bingung nulinsnya.. hehehe. beberapa tempat wisata lainnya adalah Panta Balekambang [Tanah Lot-nya Malang], Pantai Ngliyep, Situs-situs peninggalan kerajaan Singasari, Agrowisata di Batu, Coban Rondo & Coban Manten, Coban Talun, dll..

sumber :http://www.starskiru.blogspot.com/2012/10/tempat-wisata-di-kota-malang-dan.html

TEMPAT TEMPAT WISATA KULINER DI KOTA MALANG

  1. Dapur 33 : Menyediakan berbagai jenis masakan sunda, mulai dari nasi timbel yang enak, batagor, mie tek-tek dll, tempatnya di jalan candi-candi deket STIE malangkucecwara, ada juga yang di singosari.
  2. Rumah Makan Padang Simpang Raya : ayam pop dan kepala ikannya enak banget, tempatnya dekat perumahan mondoroko raya
  3. Warung NIKMAT : di daerah mondoroko, menyediakan berbagai masakan jawa
  4. Warung sate dan gule
    PAINO, di Bunul, gulenya enak, satenya empuk, sate ayamnya juga enak…
  5. Warung Bu Haji AREMA Menu Jawa istilah AREMA, perempatan Kidul Dalem, pernah masuk wisata kuliner nya Pak Bondan Winarno….banyak yg beri rating 10/10 dari tabloid2 kuliner
  6. Lesehan Jogja : letaknya di perumahan griya shanta..menunya ayam bakar, gudeg, gurame bakar..dll, banyak dna enak2
  7. Ayam goreng Crispy Cak Pi’i juga enak : menyediakan berbagai gorengan crispy, mulai ayam, jamur, tempe, dll
  8. Hot plate : di daerah Batu…mak nyusss
  9. Nasi goreng jawa, banyak yang jual antara lain, Pak Karso (Jl arjuno/bromo?), P. Roso (Pertigaan blimbing), Warung barokah (Jl. Candi-candi deket STIE Malangkucecwara)
  10. Es Tawon : Es campur dengan gula asli yg menarik lebah2/tawon yg tidak diketahui asal muasalnya. Jadi kita minum es ditemani tawon2. Unik… di perempatan Kidul Dalem, Pasar Besar.
  11. Warung Kopi dan Ketan Menu utama : ketan, bubuk kacang, gula jawa cair, kopi, teh, jahe. Lokasi : Pojokan perempatan Rampal – SKI, perempatan Kauman depan RSB Muhammadiyah, Talun Gang sebelah bilyard
  12. Sego Campur Buk Disebut Buk karena yang jualan Ibu2 yang dalam bahasa Arodam dipanggil Buk. Menu utama : nasi sayur lodeh, paru goreng, jeroan, ayam, empal Lokasi : Sebelah Pom Bensin Brantas, Pertokoan Stasiun Kota, Kidul Dalem depan Saguanto, Pasar Kebalen dan di Pasar Besar
  13. Sego Goreng dan Mie Jowo, Sego Resek Menu Utama : nasi goreng putih / mawut, mie goreng / rebus. Lokasi : Pojokan perempatan Kasin sebelah bengkel Vespa, Pojokan perempatan Merapi – Buring (RRI Lama), Gang dekat perempatan Pattimura dan gedung WISH / BTC, Gang depan Soto Lonceng Wetan Pasar, Pak Wulan Klampok Kasri, Nasi Goreng Kambing Pedes dalam kampung Klampok Kasri
  14. Martabak dan Terang Bulan Lokal Menu utama : martabak telor, terang bulan, tahu petis, menjes. Lokasi : Pasar Senggol, Kelud, Martabak Dinoyo depan Soto Kudus, Bang Sohel Tongan, Kairo pertigaan Kauman, Agung pertokoaan depan Mitra
  15. Puthu lanang : Menu Utama : putu, lopis, cenil, klepon, gatot, sawut, horok2, ketan Lokasi : Gang Depan Dunkin Donat Celaket, adanya malam hari
  16. Orem-orem Menu Utama : sayur tempe orem2 (sayur kunir), krupuk, lontong atau nasi. Lokasi : depan pasar Kebalen, rel kereta Boldi, Pertukangan depan Bioskop Jaya, adayang jualan didorong di daerah Dinoyo, Gajayana dan Veteran
  17. Sego Campur Korak dan Nasi Bebek Dijuluki korak karena menunya sangat urakan dan murah harganya. Menu utama : sayur lodeh, bening, sop, kecambah, lauk tempe atau tahu plus krupuk ditambah teh pait atau air putih bisa tambah bonus rokok sebatang. Sedang nasi (pakan) bebek adalah nasi lauk pecel dan gorengan weci Lokasi : pojokan pertigaan jalan turun Bendungan Sutami ke IKIP lewat Ambarawa, gang2 kecil disekitar IKIP jalan Surabaya dan Jombang, gang Kerto2an di wilayah IAIN dan Unibraw, depan Kelud, depan Pasar Bareng, pertigaan jalan Jakarta – Ijen (nasi bebek khusus buka malam hari)
  18. Dok-dok Makanan ala cina yang beredar dengan menu nyaris sama antara ratusan pedagang khas keliling sembari menabuh kentongan (dok dok). Menu utama : ala chinese food nasi goreng, mie rebus ato goreng, pu yung hai, cap jay, tami goreng, ayam mentega, nasi mawut, mihun dll. Lokasi : biasa bergerombol di depan Bank Bali jalan Semeru, gerbang UNMER, pertigaan jalan Jakarta – Ijen atau di setiap pelosok perumahan dan kost2an
  19. Soto Dok Soto daging Lamongan, dijual dengan gaya khas membanting botol kecap dengan keras ‘DOK’ bunyinya sehingga dijuluki murah meriah + kaget ! Menu utama : soto daging, jeroan sapi, perkedel kentang dan teh manis legit. Lokasi : Dulu merupakan ciri khas daerah Bioskop President Jl. Sarangan sekarang sudah kegusur pindah pojokan depan gedung Pulosari dan di kios Pasar Tawangmangu
  20. Soto Babon Khas soto ayam betina gemuk Lokasi : Pasar besi tua Bentoel Lama
  21. Soto Ayam lamongan Oro2 Dowo dan di Tlogomas, Khas Jalan Lombok dan cabangnya di dekat STIA Tlogomas spesial pake koyah (bubuk kedele)
  22. Soto Kambing (Ngelo) Khas soto daging dan jeroan kambing dengan koyah serta lontong banyak gajih (lemak). Lokasi : sekitar Kampus III Unmuh Tlogomas (Terminal Landungsari)
  23. Soto Shampo Khas mirip Soto Lombok tapi lebih terasa bumbunya (spicy). Lokasi : perempatan Lapangan Shampo (Angkatan Laut dekat SMAN 5) dengan warung yantg sederhana (awas suka antri dan habis sebelum jam 11 malem)
  24. Bakso Ciri khas Kota Malang, ada bakso kikil di sukarno hatta, bakso tulang di tawangmangu, bakso presdien (belakang mitra 2), bakso solo kidul pasar, bakso kota, bakso gun (di depan BNI)
  25. Sego Pecel Dalam berbagai versi Blitar, Madiun, Ponorogo ataupun lokalan. Dapat dijumpai di Jalan Gede (Dempo), Jalan Rajekwesi, Jalan Kawi dengan cabang di Letjen S. Parman dekat Wijaya Kusuma dan Dinoyo depan pasar, Jalan Bendungan Sutami depan Pom Bensin / Unmuh Kampus II,pecel di perumahan permata Jingga, Pasar Mergan – pas buat sarapan !
  26. Ronde minuman khas dengan kacang, jahe pedas dan sejenis klepon disajikan panas dan Angsle berisi roti tawar dengan kuah santan penuh bumbu. Lokasi : hampir di tiap perkampungan ada yang jualan saat malam hari
  27. Tahu Petis dan Tahu Telor dipotong kecil (dicampur telor dadar), digoreng dan disajikan dengan petis legit, bumbu kacang, lontong, kecambah, atau nasi dan krupuk kecil2. Lokasi : sekitar SMAN 5 malam hari, perempatan Kasin depan Sego Resek dan gang sebelah Sinar Brawijaya (depan Kapal Teknik Unibraw)
  28. Tahu Campur Walaupun disebut tahu tapi justru unsur tahunya sedikit, campurannya banyak : singkong, sayur slada, kecambah, tahu, suun, bumbu petis plus kuah dan daging sapi. Yang enak yang ada di deket embong arab, ada lagi tahu campur sidodadi di dinoyo (depan bandung sport), depan telkom malang juga ada.
  29. Mie Pangsit Lokasi : Belakang SMA Dempo, Pujasera Pulosari, jalan naik Tanjung – Mergan, Isor Uwit depan Pasar Oro2 Dowo, Mie Gloria depan Plasa Malang, Mie Gajah Mada Pecinan sebelah Rahman Sports
  30. ITB, STMJ Khas minuman serba panas susu, telor, madu, jahe ada yang tambah ginseng dan ramuan jamu plus telur ayam kampung 1/2 matang. Lokasi : Malam hari bertebaran di setiap sudut kota, Jalan Kawi, Bareng dekat Jalan Semangka, Jalan Surabaya, Pujasera Pulosari biasanya dilengkapi dengan Roti dan Jagung Bakar
  31. Rujak Petis (Cingur) Lokasi : hampir tiap kampung ada, Jalan Amprong, Jalan Lawu (pindah Sawojajar) Tenes Stadion Rujak Manis dan Es Degan Stadion dan Primagama Jalan Semeru, Stasiun Kota, Warung Pojok depan BTC Pajajaran, rujak sawo, rujak celaket di jalan bunga.
  32. Sego Trancam Nasi dengan lauk sayur lodeh tahu, urap2, lamtoro khas disebut seglo slametan atau sego kuburan (orang mati). Lokasi : di pasar2, Kasin sebelah Sego Resek
  33. Pecel Lele Warung Citra Kawi dan Soekarno Hatta, Kampung Klaseman (pagi), Depan Perbankan Unmer (malam) dan sejumlah tempat lain. Gurami Goreng dan Bakar di Pujasera2 dan Resto Alami seperti di kebon Agung
  34. Sate Ayam ARODAM hampir di setiap sudut kota tersedia
  35. Tempe Penyet Kuburan Kasin, warung2 lain Tempe Sanan dan Kripik Tempe
  36. Ayam Bakar Pak No Pom Bensin Kasin Sawahan dan sejumlah tempat lainnya
  37. Ayam Goreng dan Fried Chicken Depan Perbankan Unmer, Jalan Galunggung depan Gading Pesantren dan di Pujasera2
  38. Rawon Jahat Kawi Atas masuk Bareng, Nguling, Warung Perempatan Muharto
  39. Bang Sohel Tongan Sate Gule dan Etas Mbik diberbagai pelosok kota
  40. Sea Food di tiap Pujasera, jomplangan Ciliwung
  41. Pujasera DEMPO, Bondowoso, Pulosari, Soekarno Hatta, Kawi, Bengawan Solo (Sanan / Purwantoro jalan logam2)
  42. Warung Aneka Menu Minggu di Stadion pake Moko (Mobil Toko)
  43. Warung Top : Marhaen, Nyik Sun, Warung Lama H. Ridwan, Panglima Sudirman, Lesehan Stadion, Citra, Hok Lay, Toko Oen, Ayam Tenes, Ayam Pemuda, Ayam Prambanan, Ringin Asri
  44. Rumah Makan Inggil di Jl. Gajahmada, berciri khas etnik Jawa Timur didekor lengkap mirip galeri dengan koleksi benda kuno jaman kolonial yang bikin ngiler pengunjung. Masakan pilihan saya : Sambal Pencit yang cocok dengan Gurame Goreng atau Bakar. Momen terbaik jika Anda bersantap malam sebab suasana amat mendukung jika Anda ingin mengalami nuansa jaman kolonial dengan diiringi live music lagu-lagu tempo doeloe. Ditambah sentuhan pakaian daerah dari para pramusaji-nya yang ramah.
  45. Toko Oen Restoran, restoran yang terletak dekat Alun-Alun Kota Malang ini didirikan tahun 1930. Dekor dan perangkat yang ditampilkan masih identik seperti saat itu. Masakan pilihan saya : Bistik Lidah Sapi dan Kopi Tubruk. Oh ya tempat terbaik adalah dari pintu utama Anda berjalan ke arah kanan, pilihlah meja dekat jendela. Anda akan merasakan semilir sejuk angin Malang. Momen terbaik buat saya adalah untuk makan siang dan menghabiskan waktu, dijamin kagak bakalan pramusaji akan bertanya-tanya mau pesan apa lagi ; sebab maklum restoran ini kerap dipergunakan sebagai titik temu para wisman yang berkunjung ke Malang. Jadi banyak wisman yang bisa duduk berjam-jam, termasuk saya pribadi. Karena Toko Buku Gramedia bersisian dengan restoran ini, Anda bisa beli buku di Gramedia dan membacanya disini ditemani Kopi Tubruk Anda ;
  46. Padi Resto & Galerry di Jl. Pahlawan Trip, resto yang merangkap galeri di sebuah rumah tahun 30′an bergaya art deco. Masakan pilihan saya : Blackpepper Steak dengan sajian Medium. Cocok untuk makan malam. Tempat terbaik jika Anda membutuhkan privacy pilihlah tempat di lantai atas.
  47. Taman Indie Resto, di New Indie – Araya, tempat yang sangat cocok buat makan malam dan terletak di tepi sungai. Tempat terbaik buat saya di bawah dan menu istimewanya Ikan Patin Bakar atau Sup Buntut Sapi Goreng. Tempat yang mempesona dan amat khas. Plus romantis.
  48. Bakso Cak Man, pada pertokoan depan RS Lavallete. Nah jika yang ini agak berbeda sebab Anda akan diajak untuk berpetualang kuliner bakso Malang dari bakso bakar sampai bakso biasa. Yang menarik adalah konsep self service. Cocok buat di siang hari. Cuma gawatnya jika Anda datang kesiangan, jangan kecewa jika beberapa menu sudah habis keduluan pengunjung lain.
  49. Pecel Glintung, di bilangan Jl. S.Parman ; nasi pecel terenak di Malang minimal menurut saya walau masih ada yang lain seperti Mbok Jo, Pecel Kawi dan seterusnya. Pecel Glintung terletak di pinggir jalan tapi terletak agak turun dari badan jalan. Bumbu dan menu pendamping seperti sate komoh, telur asin dan perkedel jagungnya membuat Anda kian seru menikmatinya. Semoga Anda sependapat dengan saya setelah mencobanya.
  50. Depot 51, buat saya pribadi ini cwie mie (mie pangsit) terenak di Malang biar pun masih ada Mie Gang Jangkrik, Hot Cwie Mie dan lain-lain. Depot ini kecil nyelempit di bilangan Jl. S. Parman dekat lampu merah dan rada suah carinya sebab tidak pasang papan nama. Memang karena tempat agak sempit membuat orang kudu giliran buat memperoleh meja. Oh ya mohon jangan datang pada hari Selasa, sebab mereka libur tidak buka.
  51. Ayam Goreng P. Saleh, di bilangan Karangploso. Satu-satunya restoran yang menyajikan gratis nasi putih. Ayam Goreng dan Sambal Terong-nya enak banget. Karena lokasinya menuju Batu dari arah Karanglo ; mungkin sebaiknya Anda mampir untuk makan siang dulu di tempat ini ketimbang ketemu macet (jika Anda kurang beruntung) saat menuju Batu. Tempat yang menyenangkan.
  52. Nasi Buk, di bilangan Stasiun K.A. Malang. Ini nasi buk khas Madura paling enak di Malang. Memang tempatnya kecil dan harus desak-desakan tapi semua itu jadi sirna ketika kita menikmati kelezatannya. Jangan sungkan jika Anda tidak bisa bahasa Jawa Malangan ; tetap saja bicara bahasa Indonesia ; Anda pasti akan dilayani dengan baik. Cocok banget buat Anda makan pagi bersama Keluarga.
  53. Nasi Rawon Nguling, Pecinan. Yang ini tidak boleh diabaikan. Jika Anda ke Malang belum makan nasi rawon rasanya belum beneran deh Anda ke Malang. Di tempat ini Anda akan disajikan super cepat banget. Cocok buat makan pagi. Disamping nasi rawon masih ada menu lainnya. Tempat terbaik bagi Anda dan Keluarga adalah di bagian belakang, lebih sejuk dan senyap serta lapang.
  54. Soto Lombok, dekat RS RKZ. Ini juga khas Malang. Cuma Anda harus siap jika Anda tidak suka makan makanan yang dicampur. Karena nasi dan soto akan disajikan dalam satu mangkuk. Pilihlah menu soto komplit dan minumnya es teh manis. Cocok buat makan pagi.
sumber : http://jofanasha.wordpress.com/2009/04/07/wisata-kuliner-di-malangwisata-kuliner-di-malang……/

3 komentar:

  1. Malang dan sekitarnya memiliki objek wisata yang cukup beragam, seperti pantai, air terjun, gunung, taman bermain, dll. Selain itu kulinernya juga bermacam-macam.

    tourandtravelmalang.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Info rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung&PisangBakar
    • Aneka sambal&masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relative murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga.Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    WarungKhasBatu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, JawaTimur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BB PIN : 746FFD7F
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/Warung.KhasBatu

    Lokasi : 300 m utara Jatim Park 1, 200 m timur Museum Angkut+
    https://www.google.co.id/maps/place/The+Batu+-+Villas+%26+Restaurant/@-7.879323,112.522552,17z/data=!3m1!4b1!4m2!3m1!1s0x2e78872cef15f127:0xc756168829419446


    NB : blogger / pengulas / reviewer kami undang uji coba, gratis !

    BalasHapus
  3. bingung mau cari oleh oleh dimana, cek di websaite https://www.lokaloka.id/ atau instagram lokaloka.official.

    BalasHapus